Teknik dan Cara Membuat Desain Gedung Olahraga

Posted on

Secara umum, tempat untuk melakukan olahraga ada dua jenis yaitu tempat terbuka dan tempat tertutup. Jika menggunakan tempat terbuka, lokasi yang paling sering dipakai adalah lapangan, stadion dan taman kota. Sedangkan untuk tempat tertutup, tentu saja lokasi yang paling umum dipakai adalah gedung olahraga. Gedung olahraga ini juga terbagi dalam berbagai macam bentuk dan desain, sesuai dengan jenis olahraga yang dimainkan.

Namun secara umum, teknik dan cara membuat desain gedung olahraga tetap sama. Jikapun ada perbedaan, hanya terletak pada beberapa bagian yang bukan merupakan element penting atau vital. Yang paling utama, gedung olahraga harus punya ukuran yang lebih tinggi jika dibanding dengan bangunan lain, terutama rumah hunian.

Tujuan dan penggunaan gedung yang tinggi ini adalah untuk menciptakan sistem sirkulasi udara yang lebih baik sehingga tidak membutuhkan alat pendingin kecuali dalam kondisi tertentu. Selain itu dengan adanya ruang yang lebih tinggi akan memungkinkan kegiatan olahraga bisa dilakukan tanpa hambatan. Terutama sekali jenis olahraga permainan yang menggunakan alat dimana alat tersebut sering dilambungkan keatas. Jenis olahraga ini misalnya badminton atau bulutangkis, bola voly, basket dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *