Tips Keuangan

Simak 10 Tips Lengkap Mengatur Keuangan

sekarang waktunya untuk kita membuat rencana dalam mengembalikan keuangan pribadi ke jalur yang benar. Jangan lupa ingat bahwa 2021 sebagai awal yang...

2 min read

sekarang waktunya untuk kita membuat rencana dalam mengembalikan keuangan pribadi ke jalur yang benar. Jangan lupa ingat bahwa 2021 sebagai awal yang baru untuk menyelesaikan masalah uang kita selama ini. Berikut adalah 21 resolusi uang yang harus dilakukan agar membantu kita dalam memangkas utang serta membangun dana tabungan darurat yang penting. Bagaimana pun, banyak orang membutuhkan sejumlah besar uang yang disisihkan untuk membantu mengatasi kemunduran finansial yang tidak terduga. Dilansir dari USA Today (2/1/2021), berikut daftar saran dengan beberapa tips menghemat uang yang direkomendasikan oleh perencana dan penasihat keuangan ternama.

1. Kurangi pengeluaran. Sama seperti mengurangi ukuran pinggang yang baik untuk kesehatan Anda, mengurangi lemak dalam anggaran bulanan adalah cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan dana darurat. Tujuan utama harus untuk membangun biaya hidup cadangan enam bulan. Tapi seperti diet, itu membutuhkan disiplin. “Tinjau setiap pengeluaran yang Anda miliki dan tanyakan pada diri Anda. Dapatkah kita menghilangkan atau mengurangi sebagian pengeluaran. Contoh, pengeluaran hewan peliharaannya membuat kesal, makan di luar atau memesan. Itu bisa bertambah dengan cepat,” kata Philip Palumbo, pendiri dan CEO Palumbo Wealth Management.

2. Bayar diri Anda sendiri dulu. Saat gajian tiba, uang cenderung menghilang dengan cepat. Jadi, gunakan tabungan Anda secara autopilot. Siapkan setoran otomatis yang memindahkan uang langsung dari gaji Anda ke rekening tabungan Anda, kata Diahann Lassus, presiden Lassus Wherley, bagian dari Peapack Private Wealth Management.  “Bayar dirimu dulu, sebelum uang itu menghilang,” kata Lassus.

3. Bebaskan diri dari tuduhan “berulang”. Cathy Curtis, pendiri dan CEO Curtis Financial Planning menyampaikan untuk teliti pernyataan kartu kredit Anda dan identifikasi serta batalkan pengeluaran berulang untuk layanan yang tidak lagi Anda gunakan, seperti langganan majalah atau streaming video atau program penurunan berat badan.

4. Tingkatkan deductible asuransi Anda. John Campbell, Wakil Presiden senior dan ahli strategi kekayaan senior di US Bank Private Wealth Management menyampaikan jika kita mampu membayar biaya sendiri yang lebih tinggi saat terjadi klaim, pertimbangkan untuk pengurangan pada polis asuransi rumah dan mobil Anda.  Anda juga dapat menghemat uang dengan menggabungkan polis, atau memiliki sejumlah jenis polis asuransi, seperti pemilik rumah dan mobil, pada operator yang sama. “Tidak ada ruginya untuk mencari-cari kesepakatan yang lebih baik di sekitar waktu pembaruan juga,” tuturnya.

5. Simpan kenaikan gaji atau bonus Anda. Rejeki nomplok, seperti kenaikan gaji atau bonus, sangat bagus. Tetapi jika Anda membelanjakan semuanya, itu tidak terlalu bagus untuk rekening tabungan Anda.  “Cara mengatasinya? Jangan menyesuaikan pengeluaran Anda ke atas agar sesuai dengan arus pendapatan Anda yang lebih tinggi,” kata Jeremy Staadeker, mitra pendiri di The Staadeker Wealth Management Group.  Saat menerima kenaikan gaji atau rejeki nomplok lainnya pertimbangkan untuk memprioritaskan menabung atau membayar hutang.

6. Jangan menunggu sampai Anda tidak memiliki utang untuk ditabung. Meskipun utang tidak diragukan lagi merupakan kata yang buruk. “Menunda menabung sampai Anda bebas dari utang adalah sebuah kesalahan,” kata Matt Nadeau, penasihat kekayaan di Piershale Financial Group.  Menunda menabung, katanya, berarti investor kehilangan komponen kunci dari tabungan: waktu. Seiring waktu, uang Anda memiliki kemampuan untuk menghasilkan bunga atas bunga sebelumnya.

7. Hemat untuk tinggal di rumah. Pesanan tinggal di rumah terkait pandemi dan peningkatan terkait jumlah orang yang bekerja dari rumah telah mengakibatkan banyak biaya yang tidak perlu lagi dibayar.  Misalnya, jika Anda tidak lagi membayar biaya perjalanan atau untuk makan di luar atau untuk liburan luar negeri tahunan. “Salurkan pengeluaran satu kali itu ke dalam tabungan,” sebut Jeffrey Corliss, direktur pelaksana dan mitra di RDM Financial Group di Hightower.

8. Sesuaikan pemotongan gaji Anda. Jika Anda secara teratur mendapatkan pengembalian pajak, itu lebih baik daripada berhutang. Tetapi itu juga berarti Anda memiliki terlalu banyak gaji yang dipotong dari gaji untuk menutupi beban pajak Anda.  “Anda dapat meningkatkan arus kas dengan menyesuaikan pemotongan pajak untuk memastikan bahwa Anda tidak mengambil lebih banyak dari setiap cek untuk pajak daripada yang diperlukan,” kata Michael DiNuzzo, penasihat keuangan di DiNuzzo Wealth Management.

9. Simpan di mana pun Anda bisa. “Setiap kuartal atau uang yang dapat Anda hemat, di mana pun Anda dapat menemukan tabungan, maka itu dapat bertambah dengan cepat,” kata Cynthia Pruemm, pendiri dan CEO SIS Financial Group.  Pertimbangkan untuk mendaftar di program seperti Acorns, yang menyapu uang receh Anda pada transaksi kartu debit atau kredit ke dalam rekening tabungan.  Atau hemat belanja dengan melakukan pembelian di situs online seperti Rakuten dan Ibotta, yang memberi Anda pengembalian dana untuk berbelanja di situs mereka.  Anda juga dapat menghabiskan lebih sedikit dengan mengganti layanan TV kabel yang mahal untuk layanan streaming yang lebih murah seperti Roku, kata Pruemm.  “Menyimpan uang setiap bulan bisa lebih mudah dari yang Anda pikirkan,” katanya.

10. Membiayai kembali rumah Anda. “Jika Anda belum memanfaatkan rekor suku bunga hipotek terendah, pertimbangkan untuk membiayai kembali pinjaman rumah Anda ke tingkat yang lebih rendah,” kata Ryan Graham, penasihat keuangan senior di Altfest Personal Wealth Management.  Bahkan penurunan 1% dalam suku bunga Anda dapat menghasilkan penghematan bunga yang sangat material selama masa cicilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *