Mengapa Rumah Minimalis Begitu Diminati?

Posted on

Saat ini ada trend tipe rumah yang sangat diminati oleh masyarakat dan mungkin salah satunya oleh Anda juga. Tipe rumah tersebut adalah rumah minimalis. Rumah minimalis merupakan rumah dengan desain yang simple. Rumah minimalis ini merupakan solusi bagi Anda yang mempunyai anggaran yang tidak terlalu besar untuk membangun rumah, ditambah lahan yang dimilki pun  tidak begitu luas. Model rumah minimalis banyak diminati karena tingkat efisiensi energi yang tidak menuntut pengeluaran uang yang terlalu tinggi. Dengan menghemat penerangan lampu ruangan yang tidak terlalu banyak maka selain hemat dari segi finansial, maka secara tidak langsung Anda telah memberikan tabungan energi bagi generasi masa depan.

Jika Anda dan keluarga memiliki tingkat mobilitas yang tinggi sehari-hari maka rumah minimalis bisa menjadi tipe rumah yang cocok Anda pilih, karena keluarga akan berkumpul hanya pada hari weekend, di luar hari sabtu dan minggu rumah jarang bahkan tidak pernah dihuni. Maka rumah dengan ruangan yang luas tidak pernah terpakai dan hanya dibersihkan oleh pembantu.

Rumah minimalis dengan ruangan yang tidak begitu banyak akan tetapi tetap mencukupi keperluan ruang dan kamar bagi anggota keluarga akan sangat mudah dalam hal perawatan. Khususnya bagi seorang istri sekaligus ibu rumah tangga tanpa didampingi oleh pembantu rumah tangga dalam merawat rumah akan sangat terbantu dengan tipe rumah minimalis ini.

Selain mudah dari segi perawatan, dalam proses pembangunannya rumah minimalis ini tidak banyak memakan waktu yang lama. Akan tetapi kaidah-kaidah pembangunan harus tetap diperhatikan karena akan sangat berpengaruh pada kekuatan struktur bangunan. Dengan demikian diperlukan adanya keterlibatan arsitektur dalam merancang rumah minimalis. Karena rumah minimalis ini menitik beratkan pada aspek fungsionlitas maka struktur bangunan pun menjadi prioritas utama dalam proses membangunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *