Membuat Desain Kolam dan Teras Bali Agar Terlihat Serasi dan Menyatu

Posted on

Kolam dan teras adalah dua element yang berbeda dengan fungsi dan karakter yang berlainan pula. Kolam digunakan untuk olahraga berenang bersifat basah, sementara ruang teras bersifat kering dan biasanya dipakai untuk bersantai atau mengadakan pertemuan yang bersifat informal dengan anggota keluarga atau tamu yang sedang berkunjung.

Meski demikian, keduanya bisa dibuat dalam satu lokasi dan tempat dengan tampilan yang serasi dan menyatu. Contohnya adalah bangunan teras dan kolam yang menggunakan gaya tradisional Bali seperti yang terlihat pada gambar. Untuk membuat desain kolam dan teras Bali agar terlihat serasi dan menyatu, ternyata bukan merupakan pekerjaan yang begitu sulit. Namun tentu saja, ada beberapa faktor yang perlu diperhitungkan dengan lebih cermat.

Teras tersebut desainnya berbentuk kotak. Pondasi yang berada di sisi kiri dan depan digunakan sebagai dinding kolam. Jadi jika dilihat secara sekilas tampilannya seperti huruf ‘L’. Pondasinya dibuat dari tulang beton kemudian dikuatkan dengan adonan batu, pasir dan semen. Pondasi ini merupakan element yang harus mendapat perhatian cukup serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *