Landscape Rumah Kampung Bali Dengan Tampilan yang Sangat Alami

Posted on

Penataan landscape bisa diterapkan bukan hanya pada pemukiman besar bergaya modern atau komplek villa yang mewah saja. Landscape pemukiman rumah yang ada di kampung pun bisa ditata agar bisa punya tampilan yang tidak kalah indah serta nyaman untuk dijadikan sebagai tempat tinggal bersama dengan warga atau tetangga.

Apalagi jika pemukiman tersebut menerapkan konsep pemukiman rumah tradisional, misalnya Bali yang sangat sesuai dengan pola kehidupan masyarakat yang tinggal di daerah kampung ini. Ada beberapa teknik  untuk menata atau membuat desain landscape rumah kampung Bali dengan tampilan yang sangat alami namun tetap rapi dan sedap dipandang mata. Contohnya bisa dilihat dalam gambar.

Susunan rumah yang berada di sebelah kiri dan kanan jalan punya ukuran dan bentuk yang nyaris sama. Kecuali bangunan rumah yang berada di ujung jalan gang, punya tampilan desain yang agak berbeda karena menggunakan atap modern buatan pabrik warna merah marun.

Sedangkan rumah yang lain, semua dindingnya terbuat dari anyaman bambu. Sementara atapnya menggunakan atap dari tanah liat. Karena menggunakan ukuran dan model yang sama, maka komplek perumahan tersebut terlihat sangat teratur dan tidak berantakan. Kesan kumuh yang biasanya muncul pada pemukiman rumah di daerah kampung juga bisa dihilangkan.

Dan yang tidak kalah penting adalah, desain landscape ini menjadikan pemukiman kampung ini bukan hanya terliaht asri, indah dan alami saja, namun juga menjadi pemukiman yang sehat sekaligus menghilangkan perbedaan tingkat sosial masyarakat di tempat itu.

Jalan yang ada ditengah, ditutup dengan susunan paving blok yang juga punya tampilan tidak sangat teratur dan rapi meski bentuknya tidak begitu lurus. Penggunaan paving blok untuk menutup permukaan tanah pada jalan ini punya beberapa keuntungan. Yang paling utama tentu saja proses peresapan air jika terjadi hujan bisa berjalan sempurna karena air bisa lebih mudah masuk ke dalam tanah.

Hal ini bisa menghindarkan terjadinya bencana banjir, apalagi jika pemukiman tersebut berada di daerah dataran yang lebih rendah. Namun pada sisi yang lain,  jika musim panas atau kemarau datang, kebutuhan air juga bisa terpenuhi karena punya cadangan yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *