Ide Menarik Membuat Kios Warung dari Bambu

Posted on

Munculnya pedagang kaki lima yang sering berjualan di pinggir-pinggir jalan dan trotoar sering memunculkan permasalahan tersendiri, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah urban atau perkotaan. Salah satu bentuk masalah tersebut adalah warung atau kios yang dipakai untuk berjualan sering terlihat kotor dan kumuh sehingga mengganggu pemandangan dan merusak keindahan kota.

Hal ini terjadi karena tempat berjualan yang biasanya bersifat semi permanent tersebut selalu dibuat secara asal-asalan sehingga menimbulkan kesan yang tidak rapi dan berantakan. Untuk mengatasi masalah seperti ini dibutuhkan suatu konsep desain yang mampu menjadikan tampilan kios tersebut terlihat lebih rapi dan sedap dipandang mata. Jika ini bisa terlaksana maka kesan kumuh, kotor serta tidak rapi dan berantakan yang juga sering menimbulkan rasa tidak nyaman bisa dihilangkan.

Berikut ini ada ide menarik membuat kios warung dari bambu dan kayu yang bisa digunakan oleh para pedagang kaki lima untuk menjajakan barang dagangan mereka. Meski menggunakan bahan yang sangat sederhana, namun karena dibuat dengan konsep desain yang matang, maka tampilan kios warung ini juga sangat menarik, bahkan mampu menjadikan tampilan lokasi atau jalan yang digunakan sebagai lokasi berjualan terlihat makin indah.

Yang cukup menarik dari kios ini adalah, bagian lantainya juga menggunakan bahan dari bambu, namun dibuat secara terpisah dan berada di atas permukaan tanah meski hanya berjarak beberapa sentimeter saja. Tujuannya ketika hujan air yang mengalir tidak menggenangi atau membasahi lantai tersebut sehingga lantai bambu bisa lebih awet dan tahan lama.

Kerangka dan konstruksi lantai ini dibuat dari empat batang kayu yang disusun dan disatukan sehingga membentuk kotak persegi panjang. Bagian bawahnya diberi potongan kayu kecil yang berfungsi sebagai penyangga. Lantai ini dibuat lebih panjang dari luas bangunan karena pada bagian depannya bisa digunakan untuk pijakan ketika ada pembeli yang datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *