Cara merawat rumah agar tetap bersih tanpa pembantu

Posted on

Sebagai kepala rumah tangga, Anda sebaiknya tidak lepas tangan sama sekali mengenai urusan kebersihan rumah walaupun Anda memiliki pembantu rumah tangga. Dengan demikian, Anda bisa mempertahankan rumah bersih dan sehat dalam kondisi darurat tanpa pembantu. Keterampilan membersihkan rumah yang perlu Anda ketahui adalah cara-cara praktis yang tidak mengorbankan urusan pekerjaan, pergaulan sosial, dan keluarga.

Lagipula, mengetahui cara-cara membersihkan rumah dengan cepat akan sangat bermanfaat ketika suatu saat Anda memutuskan untuk tidak menggunakan jasa pembantu lagi dan memilih mengerjakan segala urusan kebersihan rumah sendiri bersama anggota keluarga.

Tips bersih-bersih rumah sendiri

Mengerjakan sendiri urusan-urusan untuk mewujudkan rumah yang bersih seharusnya dipandang sebagai suatu kehormatan, bukan suatu beban. Pandangan negatif bahwa kepala keluarga dan kepala rumah tangga yang telah bekerja setiap hari tidak semestinya mengerjakan kegiatan bersih-bersih di rumah sebaiknya juga dihilangkan. Agar tidak membebani aktivitas lain, berikut ini beberapa tips bersih-bersih secara efisien:

Cara praktis membersihkan perkakas dapur: buang sisa makanan ke tempat sampah, isi ember atau wastafel cuci piring dengan air, tambahkan satu sendok teh sabun cuci piring cair yang cepat menghilangkan bekas minyak dan lemak—seperti Sunlight Jeruk Nipis 100, masukkan perkakas selain pisau ke dalam air, gosok dengan spons atau sikat cuci piring, lalu bilas dan tiriskan.

Cara membersihkan kaca jendela rumah: singkirkan debu pada kaca memakai kemoceng, basahi kaca dengan air lalu gosok dengan gumpalan koran bekas, semprotkan cairan pembersih kaca lalu seka dengan lap mikrofiber.
Cara membuat lantai bebas debu: gunakan lap kering atau sapu yang dibungkus lap kering untuk menghapus debu pada lantai, lalu pel dengan lap bersih yang dibasahi larutan pembersih lantai.

Cara menghapus kerak kapur di kamar mandi: basahi permukaan yang ingin dibersihkan, kucurkan cairan penghancur kerak kapur pada permukaan tersebut, ratakan dengan sikat kamar mandi, biarkan selama 5 menit, gosok dengan sikat atau lap, lalu siram dengan air bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *