Tips Keuangan

Cara Mengatur Keuangan yang Terencana untuk Generasi Masa Kini

Mengelola keuangan untuk tabungan di masa depan menjadi salah satu pondasi paling penting di dalam kehidupan. Sayangnya tidak semua orang bisa menabung...

2 min read

Mengelola keuangan untuk tabungan di masa depan menjadi salah satu pondasi paling penting di dalam kehidupan. Sayangnya tidak semua orang bisa menabung dan mampu mengelola keuangan dengan baik, khususnya para generasi usia 18-30 tahun atau yang biasa disebut generasi milenial.

Tuntutan gaya hidup dan perilaku yang konsumtif menjadi salah satu faktor utama para generasi milenial ini cenderung lebih suka menikmati hidup hanya untuk jalan-jalan, nongkrong, belanja online, nonton konser serta hiburan-hiburan lainnya. Hal ini tentunya merupakan sebuah fakta mengkhawatirkan, terutama mengingat terus melambungnya harga tanah, properti hingga kebutuhan pokok yang bisa terjadi kapan saja.

Tak heran, jika sudah bertahun-tahun lamanya bekerja, tapi tak sepeser pun uang yang terkumpul untuk dijadikan sebagai tabungan di masa depan. Menabung itu jelas tidak mudah, maka dari itu dibutuhkan tekad yang bulat dan pengelolaan keuangaan yang baik agar bisa menyisihkan pendapatan kita agar lebih maksimal. Tapi jangan khawatir, untuk para generasi milenial yang masih kesulitan dalam mengatur keuangan, yuk simak tips menabung dan mengatur keuangan yang terencana di bawah ini!

1. Buka rekening khusus tabungan

Di jaman seperti sekarang ini sudah banyak produk perbankan yang memudahkan kamu untuk menabung. Kamu bisa  memilih salah satu diantara banyaknya perbankan yang menyediakan fasilitas tabungan yang dapat memberikan manfaat atau benefit di kemudian hari sesuai dengan kebutuhan kamu. Hindari menabung di rekening yang sama dengan rekening penghasilan bulanan kamu, tentunya hal ini perlu dilakukan untuk mengontrol pengeluaran kamu agar tidak kacau.

www.freepik.com

2. Sisihkan 10% penghasilan

Meskipun jumlahnya terlihat sedikit, tapi butuh konsistensi yang tinggi untuk bisa kamu melakukannya. Kamu harus tertib dan konsisten sejak awal untuk menyisihkan 20% dari penghasilan kamu setiap bulannya untuk di tabung ke rekening tabungan yang sudah kamu buat sebelumnya. Misal, penghasilan kamu setiap bulannya Rp 4,000,000 maka 10% dari Rp 4,000,000 adalah Rp 400,000. Nah, Rp 400,000 yang wajib kamu masukkan ke rekening tabungan kamu. Ingat, Lakukan cara ini secara konsisten dan tertib setiap bulannya, ya!

https://www.freepik.com/

3. Buat list pengeluaran

Mencatat setiap pengeluaran yang telah kamu keluarkan akan sangat membantu kamu untuk mengatur keuangan setiap bulannya. Jangan lupa untuk selalu merincikan pengeluaran kamu sedetail mungkin, tujuannya biar kamu tahu kemana saja larinya penghasilan kamu setiap bulannya.

https://www.freepik.com/

4. Cari penghasilan tambahan

Jika kamu merasa penghasilan bulanan kamu belum bisa kamu sisihkan sebagian untuk tabungan, jangan khawatir. Kamu bisa mencari penghasilan tambahan lainnya di luar dari penghasilan tetap kamu setiap bulannya, seperti berdagang, menjadi reseller hingga freelance. Asal jangan sampai mengganggu pekerjaan utama kamu ya.

https://www.freepik.com/

5. Kurangi penggunaan kartu kredit

Terlalu banyak memiliki kartu kredit ternyata juga tidak baik untuk kondisi keuangan kamu. Dengan lebih memiliki satu kartu kredit hanya akan membuat kamu jadi memiliki perilaku yang konsumtif dan terbiasa berhutang. Padahal belum tentu juga kamu mampu membayar tagihan cicilan setiap bulannya kan?

https://www.freepik.com/

6. Mulai berani berinvestasi

Meski sebagian besar generasi milenial sudah mulai menabung sejak dini, tapi hanya sekian persen dari mereka yang baru berani untuk berinvestasi. Padahal, ada beragam manfaat dan keuntungan yang bisa didapat di kemudian hari jika kita berani untuk berinvestasi. Pilihan jenis investasi pun sekarang sudah semakin beragam, seperti deposito, reksadana, obligasi, saham, emas hingga properti. Silahkan pilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Itulah beberapa tips mengatur keuangan yang terencana untuk para generasi milenial di masa yang akan datang. Meskipun sulit memulai dan terasa berat di awal, percayalah, nantinya hasil yang kamu dapat akan sangat menguntungkan di kemudian hari. Yang terpenting adalah niat, konsistensi dan disiplin. Jadi jangan hanya menikmati hidup untuk hari ini saja ya, kamu juga harus bisa menikmati hidup untuk di masa depan nanti!

Simak 10 Tips Lengkap Mengatur Keuangan

in Tips Keuangan
  ·   2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *