Cara Memilih Rumah Hunian yang Bebas dari Ancaman Banjir

Posted on

Sebagai negara tropis Indonesia hanya mengenal dua musim cuaca yaitu musim panas dan musim hujan. Pada waktu musin hujan permasalahan yang sering timbul adalah munculnya bencana banjir yang bisa terjadi di mana saja baik di kota besar maupun kecil.

Untuk itu ketika akan memilih rumah yang dijadikan hunian masalah banjir ini sering menjadi bahan pertimbangan tersendiri. Cara terbaik untuk melihat apakah daerah yang ingin kita pilih merupakan daerah yang bebas banjir atau tidak adalah mendatanginya di waktu hujan deras. Dari sini kita bisa mengetahui secara langsung apakah daerah tersebut merupakan wilayah yang bebas banjir atau bukan.

Namun bagaimana jika kita harus melakukan pengecekan di waktu musim kemarau?. Hal ini tetap bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara pengamatan tertentu. Yang pertama yang bisa dilakukan adalah melihat posisi geografis area sekitar rumah yang mau kita pilih untuk dijadikan hunian.

Apakah daerah tersebut berada di daerah dataran rendah atau tinggi. Dari sini kita akan lebih mudah untuk mengetahui apakah daerah tersebut punya potensi banjir atau tidak. Teliti pula apakah di sekitar tempat itu ada aliran sungai. Jika aliran sungai tersebut cukup dalam dan air bisa mengalir dengan lancar mungkin tidak akan menimbulkan masalah. Namun jika kedalamannya sangat dangkal, apalagi sempit maka kemungkinan untuk mendapat banjir kiriman lebih besar.

Setelah itu langkah selanjutnya adalah melakukan pengamatan pada sistem drainase yang dibuat oleh pengembang perumahan. Caranya adalah dengan melihat saluran got yang berada di depan rumah. Apakah airnya bisa mengalir dengan lancar. Jika tidak maka bisa dipastikan bila sistem drainase yang dibuat tidak memenuhi standar keamanan terutama dari ancaman banjir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *