Cara Membuat Atap Rumah Cina yang Unik

Posted on

Salah satu daya tarik utama dari bangunan Cina adalah bentuk atapnya yang sangat unik. Jika atap lain biasanya menggunakan bentuk yang polos saja, namun atap rumah bergaya Cina selalu dilengkapi dengan ornament yang biasanya berupa dua binatang naga dengan posisi yang saling berhadapan.

Lalu pada bagian bawah, diberi hiasan lain yang bentuknya sama namun dengan tampilan yang lebih lengkap. Karena di tempat tersebut tidak hanya terdapat binatang naga saja, namun juga ornament lain dengan bentuk yang sangat khas dan selalu menggunakan warna dominan merah dan hijau yang kadangkala dipadu dengan warna kuning emas.

Apalagi jika atap tersebut menggunakan bentuk limas, maka hiasan atau ornament yang muncul bisa lebih banyak lagi. Penggunaan hiasan di atas atap ini memang merupakan salah satu ciri utama pada bangunan yang menggunakan gaya tradisional Cina.

Desain atap dengan tampilan yang sangat indah dan menarik ini bisa dijadikan sebagai sumber referensi baru untuk menciptakan bentuk atau gaya lain tapi dengan konsep yang sama. Adapun teknik dan cara membuat atap rumah Cina yang unik ini bisa dilakukan dengan mengganti hiasan naga menggunakan ornament lain. Demikian pula dengan penggunaan warnanya bisa diganti warna lain yang lebih variatif dan bisa memunculkan nuansa yang lebih cerah dan ceria.

Contohnya seperti yang terlihat pada gambar. Hiasan yang ada di pinggir atap yang model limas ini terbagai menjadi tiga. Masing-masing punya bentuk yang berbeda namun tetap tampil sebagai satu kesatuan yang utuh, karena setiap di bagian selalu dihubungkan dengan suatu element yang bentuknya memanjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *