Bangunan Gereja Terbesar di Dunia

Posted on

Gereja adalah suatu bangunan yang digunakan sebagai tempat untuk melakukan pertemuan dan doa bersama atau ibadah bagi umat pemeluk agama Kristen, Nasrani dan Katholik. Kata gereja sendiri berasal dari bahasa Portugis yaitu igreja. Di seluruh dunia, hampir semua tempat terdapat bangunan gereja, baik yang ukurannya kecil maupun yang besar. Namun pada umumnya gereja yang punya bangunan indah dan punya nilai arsitektur yang tinggi adalah gereja dengan ukuran yang lebih besar.

Imagebali mencatat, ada lima bangunan gereja terbesar di dunia . Semua dibuat dengan gaya desain yang sangat indah dan punya karakter arsitektur yang kuat. Yang pertama adalah gereja Basilika Santo Petrus atau disebut juga dengan nama San Pietro in Vaticano yang artinya gereja utama di Vatikan. Gereja terbesar nomor satu ini memang merupakan gereja Katholik yang ada di negara kota Vatikan yang berlokasi di kota Roma Italia.

Keseluruhan bangunan menempati area yang luasnya mencapai 23 ribu meter persegi dan dapat digunakan oleh 60 ribu jamaah dalam waktu yang bersamaan. Pembuatan komplek bangunan gereja Basilika Santo Petrus ini dimulai pada tahun 1506 dalam jangka lebih dari satu abad.

Hal yang paling menarik dari desain gereja ini adalah adanya lapangan terbuka yang bentuknya seperti lingkaran namun agak lonjong ke samping dan dikelilingi oleh dinding gereja yang juga melingkar. Bagian ujung dari bangunan ini tidak bertemu, namun membentuk dua dinding lurus yang menuju pada bangunan utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *