Agar Rumah Panggung Bali Terlihat Lebih Anggun dan Megah

Posted on

Sebagaimana rumah panggung tradisonal yang lain, rumah panggung gaya Bali juga telihat jangkung sebab menggunakan tiang penyangga yang ukurannya cukup tinggi. Meski demikian, gaya dan desain rumah panggung ini bisa dimodifikasi lagi sehingga tampilannya tampak lebih anggun dan semakin megah.

Agar rumah panggung Bali terlihat lebih anggun dan megah , ada beberapa teknik yang bisa diterapkan dengan mudah. Contohnya adalah rumah panggung seperti yang terlihat pada gambar. Desainnya mengambil ide dari bangunan rumah lumbung yang sering dipakai untuk menyimpan padi hasil panen. Beberapa modifikasi yang diaplikasikan pada bagian atau element tertentu bisa menjadikan tampilan rumah panggung ini tampak indah meski hanya berukuran kecil saja.

Pada bagian bawah, jumlah tiang yang digunakan ada enam yang diletakan di sebelah kiri dan kanan. Hal ini menjadikan bangunan rumah menjadi lebih kuat dan tidak mudah roboh jika terjadi goncangan. Bahkan jika terjadi bencana gempa sekalipun.

Apalagi pada bagian bawah diberi papan kayu yang membentuk suatu bidang yang menyatukan  susunan enam tiang tersebut. Keberadaan bidang yang tampilannya seperti lantai ini menjadikan tiang bisa lebih kuat menahan beban. Selain itu tampilan bangunan juga tampak lebih kokoh.

Meski hanya merupakan tiang penyangga, namun kayu yang digunakan punya tampilan yang cukup menarik. Bagian bawah berbentuk kotak biasa, sedang yang ada di bagian atas bentuknya bundar. Dengan tampilan seperti ini tiang tersebut terlihat lebih artistik.

Kemudian untuk bangunannya, bagian depan dibuatkan teras dengan tampilan yang sangat cantik dan anggun, terutama sekali pada bagian pagar pengamannya. Pagar kayu warna coklat tua ini terbagi menjadi tiga bagian. Masing-masing dilengkapi dengan element seperti teralis yang digunakan pada jendela namun dengan desain yang berbeda-beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *